Buku Nuruddin Zanki & Perang Salib

Kategori: Buku Sejarah Islam » Toko Buku | 2307 Kali Dilihat
Buku Nuruddin Zanki & Perang Salib Reviewed by admin on . This Is Article About Buku Nuruddin Zanki & Perang Salib

Judul Buku =======>>  Nuruddin Zanki dan Perang Salib  Penulis               Alwi Alatas Penerbit             Zikrul Hakim Tahun Terbit     2012 Tebal                   441 halaman Harga            … Selengkapnya »

Rating: 5.0
Harga:Rp 70.000
Order via SMS

0813-3000-1456

Format SMS : ORDER#NAMA PRODUK#JUMLAH
Pemesanan Juga dapat melalui :
SKU : BK00002
Stok Tersedia
0.30 Kg
13-02-2013
Detail Produk "Buku Nuruddin Zanki & Perang Salib"

Judul Buku =======>>  Nuruddin Zanki dan Perang Salib 

Penulis               Alwi Alatas
Penerbit             Zikrul Hakim
Tahun Terbit     2012
Tebal                   441 halaman
Harga                  Rp. 70.000,-

 

SETIAP kali membicarakan Perang Salib, sebagian besar kaum Muslimin tentu langsung teringat pada Shalahuddin al-Ayyubi. Beliau merupakan seorang pahlawan Islam yang berhasil membebaskan kembali al-Quds dari tangan tentara salib setelah dikuasai oleh mereka selama hampir sembilan puluh tahun. Peranan dan jasa Shalahuddin memang sangat besar, tetapi sebenarnya beliau bukan pemimpin pertama yang memulai upaya pembebasan al-Quds dengan cara-cara Islami.

Upaya yang terencana ke arah pembebasan al-Quds sebenarnya telah dimulai oleh Nuruddin Zanki, seorang sultan di Suriah yang sangat shalih dan menyintai para ulama.

Ayah dan paman Shalahuddin merupakan orang-orang kepercayaan yang bekerja di bawah pemerintahan Nuruddin Zanki. Nuruddin-lah yang menghidupkan kembali nilai-nilai Islam di bumi Suriah setelah sebelumnya redup apinya, sehingga menjadi landasan yang kokoh dalam membebaskan al-Quds dan mengalahkan pasukan salib. Sungguh tidak salah jika Ibn al-Athir, seorang sejarawan besar, menyatakan bahwa setelah Khulafa al-Rashidin dan Umar ibn Abdul Aziz beliau tidak menemukan pemimpin yang lebih lurus dan tegas dalam hal keadilan selain Nuruddin Zanki. Sayangnya, banyak umat Islam pada hari ini tidak mengenal pemimpin yang agung ini.

Buku ini terdiri dari dua bagian. Bagian pertama membahas tentang Perang Salib I dan kekalahan umat Islam di dalamnya. Bagian kedua membahas tentang Perang Salib II, kemunculan Nuruddin Zanki serta peranannya membangun nilai-nilai Islam di Suriah-Palestina dalam upaya menghadapi pasukan salib.

Walaupun agak tebal, buku ini ditulis dengan menggunakan pendekatan naratif, sehingga mudah dibaca dan dipahami. Buku ini juga dilengkapi dengan peta dan ilustrasi, serta keterangan khusus untuk nama-nama dan istilah-istilah penting, sehingga lebih membantu pembaca yang belum begitu akrab dengan jalannya sejarah yang dijelaskan di dalam buku ini.

Bagi siapa saja yang ingin mengetahui secara mendalam tentang terjadinya perang salib hingga masa kepemimpinan Nuruddin Zanki, buku ini insya Allah akan sangat membantu. Jangan lewatkan membaca buku ini dan memasukkannya dalam daftar koleksi Anda.

Tags: , , , ,

Dapatkan Diskon
Daftar newsletter